Program Tanggap Darurat Kebakaran

Pada 18 Juli 2019, PT KPI mengadakan program CSR di Hotel Bintang sintuk (indoor dan outdoor) dengan sosialisasi tanggap darurat kebakaran, kelistrikan kepada Ibu-ibu PKK. Project Director, Bapak Hari Supriadi menjelaskan jika sosisalisasi tanggap darurat tersebut berawal dari adanya kondisi kebakaran pada tahun 2017 dan 2018. “Kami prihatin mengingat kejadian pada tahun 2017 terdapat 25 kasus kebakaran dan tahun 2018 ada 29 kasus kebakaran” ujarnya.

Bapak Hari Supriadi juga mengharapkan setelah mengikuti sosialisasi tanggap darurat tersebut mampu mencegah kebakaran di lingkungannya mengingat adanya waktu jeda dalam proses pembakaran. “Kita tidak bisa sepenuhnya bergantung kepada Damkar karena ada waktu jeda, kalau ibu-ibu mampu menjaga kompor tidak kebakaran dan lingkungannya itu akan membantu Damkar” jelasnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, M. Yani mengapresiasi upaya yang dilakukan PT KPI dalam mengadakan kegiatan ini. Bapak Yani juga menuturkan keterbatasan yang dimiliki oleh petugas damkar, segala sesuatu terkait dengan kebakaran pihaknya pasti disalahkan jika terlambat datang ke lokasi kebakaran. “Antara emosional dan sedih sering pemadam kebakaran menjadi kambing hitam atas musibah kebakaran yang terjadi. Kasian anak buah. Bekerja dengan uang yang sedikit tapi nyawa taruhannya” ucapnya.

Sosialisasi dilakukan dalam dua sesi yaitu indoor dan outdoor Hotel Bintang Sintuk. Dalam sesi outdoor, kegiatan diadakan di halaman parkir Hotel Bintang Sintuk, peserta diberikan materi praktik cara memadamkan api yang berhubungan dengan kelistrikan dan bahan kimia oleh Tim Safety dan Rescue PT KPI.Sosialisasi ini juga dihadiri oleh GA Manager Bapak Muhammad Nasrudim, QSHE Manager Robertus G Dwiriawan, Lurah Guntung Ida Idris dan Lurah Loktuan, M Takwin