KESELAMATAN DAN LINGKUNGAN

Sebagai Perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur amoniak (petrokimia) dengan potensi resiko kerja tinggi, pemenuhan K3l (OHS & Environment) merupakan syarat mutlak demi menjamin kepentingan seluruh stakeholders.

K3 DAN LINGKUNGAN

Pelaksanaan K3L adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta bebas dari pencemaran lingkungan menuju peningkatan produktivitas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kecelakaan kerja bukan hanya menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material bagi pekerja dan pengusaha, tetapi dapat juga mengganggu proses produksi secara menyeluruh dan merusak lingkungan yang akhirnya berdampak kepada masyarakat luas.

PT Kaltim Parna Industri dalam menjalankan seluruh kegiatan pabrik telah menetapkan suatu prosedur terdokumentasi untuk menjelaskan perihal mekanisme identifikasi terhadap bahaya dan aspek lingkungan, penilaian dan pengendalian resiko dan dampak lingkungan yang dapat ditimbulkan maupun yang berpotensi dari proses-proses yang terdapat dalam pembuatan produk ammonia.

Kegiatan seluruh personil yang memiliki hubungan kerja dengan PT Kaltim Parna Industri termasuk subkontraktor dan tamu diberikan informasi serta diwajibkan untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku di PT Kaltim Parna Industri dan semua peraturan perundangan yang berlaku serta persyaratan lain yang menjadi acuan dan atau standar nasional maupun Internasional terkait dengan mutu, keselamatan, kesehatan kerja an lingkungan.

DSC_0043

EMERGENCY RESPONSE TEAM

PT Kaltim Parna Industri merupakan asset yang dalam operasionalnya perlu dijaga dan dilindungi dari kemungkinan terjadi kebakaran, peledakan, kecelakaan kerja dan pencemaran lingkungan dan kejadian-kejadian yang dapat merugikan. Untuk menanggulangi hal tersebut PT Kaltim Parna Industri membentuk tim khusus yaitu Emergency Response Team (ERT).

emergency-drill

EMERGENCY DRILL

Kegiatan pelatihan penanggulangan keadaan darurat (emergency drill) di PT Kaltim Parna Industri diatur dan dikelola oleh unit kerja QSHE secara terjadwal.

Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan upaya keselamatan dan kesehatan kerja diperusahaan dilakukan pembinaan terus menerus dan terarah melalui pembentukan P2K3.