Budidaya Aren

Berawal dari tanaman aren yang tumbuh secara liar, belum dikelola maksimal oleh warga Guntung, sehingga KPI berkeinginan untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat bufferzona, khususnya petani aren Guntung. Bahwa saat ini tanaman aren yang tumbuh di Guntung baru diolah sebagian menjadi gula aren dan sebagian dijual dalam bentuk minuman nira.

Pada kesempatan ini melalui program CSR, KPI menyediakan 500 bibit aren yang sudah siap tanam dan disebar dilokasi lahan petani aren.

Diharapkan dengan adanya program CSR dari KPI dapat membantu masyarakat :

  • Membangun budaya menanam pohon bibit aren bagi masyarakat, yang selama ini hanya mengandalkan pembibitan alami dari sebaran yang dilakukan oleh binatang yang hidup dihutan.
  • Memberi peluang alternatif usaha bagi warga untuk mendapatkan upah / penghasilan dari hasil produksi pohon aren.
  • Memberdayakan masyarakat lokal melalui usaha kerajinan yang berbahan dasar pohon aren seperti kerajinan Sapu Ijuk, Sapu Lidi, kolang kaling, minuman nira dan Gula aren.

Program ini sepenuhnya akan dijalankan oleh warga Kelompok Tani dan dalam hal ini PT. Kaltim Parna Industri (KPI) melakukan pendampingan mulai dari pembibitan, penanaman , perawatan sampai pengolahan hasilnya.

Kegiatan menanam pohon dapat melibatkan anak sekolah dari SMPN 9 Guntung dan di jadikan tradisi bagi anak-anak sekolah sebagai upaya membangun karakter yang berwawasan lingkungan, mengenal pohon aren lebih dekat, dimana kegiatan menanam dapat dijadikan sebagai kegiatan extra kurikuler yang sarat pendidikan dan manfaat.

Dalam kesempatan ini, di Sekolah SMPN 9 Guntung,dengan bangunan sekolah yang sudah bagus namun kondisi masih gersang sehingga KPI juga menyumbangkan tanaman buah yang akan ditanami di sekeliling halaman sekolah. Sebagian tanaman telah dikirimkan ke sekolah kemarin.

Dalam kesempatan ini, disampaikan tahun 2012 KPI menyumbangkan Gazebo 2 unit untuk Rumah Adat Guntung, kondisinya sudah lapuk dan kami juga sudah melakukan pengecatan dan penggantian plafon yang lapuk.