Sustainable Development Goals (SDG’s)

Sustainable Development Goals (SDG’s) yang dideklarasikan 25 September 2015 di New York, AS merupakan rencana aksi global bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan Gizi dan SDGS sesuai tujuan mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi, mengakhiri malnutrisi.

Gizi merupakan salah satu fokus dan target pembangunan kesehatan SDG’s tahun 2016-2030. Khususnya dalam masa pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru ini, perhatian akan gizi pada masyarakat perlu lebih ditingkatkan khususnya 1000 hari kehidupan para bayi.

PT. Kaltim Parna Industri (KPI) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bontang melakukan kegiatan yang dinamakan Insting MITRA KPI BERDAYA 2020 “Intervensi stunting kemitraan KPI melalui pemberdayaan masyarakat”. Pada tanggal 4 Maret 2020 lalu dilakukan penandatanganan kesepakatan dan komitmen. Hadir dari KPI GM HRD & GA, Bapak Budi Hermawan dan Staff KPI, Dinas Kesehatan Kota Bontang dan tim, Kepala Puskesmas Bontang Selatan dan tim serta Walikota Bontang.

Ragam kegiatan yang telah dilakukan :

  • 26 Februari 2020 : “rembuk warga”, dan dihadiri oleh perangkat desa seperti Bapak Lurah Rendy Maulia, Babinsa, Pokja sehat, Kader posyandu, Ketua RT Hj. Jamila, Kepala Puskesmas Bontang Selatan dr. Fitri dan tim. Tujuan program ini adalah untuk validasi data bayi dan balita di kedua posyandu serta perlunya peran aktif masyarakat dan kader
  • 28 Februari 2020 : bertempat di Puskesmas Bontang Selatan diadakan Refreshing antropometri kepada para kader posyandu, sebagai upaya menambah wawasan pengetahuan serta ketrampilan dalam melakukan tugas sebagai garda terdepan.

Sehubungan dengan pandemi wabah Covid 19, kegiatan selama bulan Juli ialah sebagai berikut :

  1. Tanggal 3 Juli, pemberian sarana cuci tangan, antropometri kits ke Posyandu Mawar & Mekar Sari.
  2. Tanggal 3 Juli dalam memasuki new normal, jadwal imunisasi di posyandu mulai dilaksanakan, KPI turut menyumbangkan face shield bagi baduta, masker anak balita, masker orang tua bayi dan balita, desinfektan untuk lingkungan posyandu
  3. Tanggal 13 – 15 Juli 2020, dilaksanakan pelatihan PMBA (pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita) bagi 20 Kader posyandu. Sebagai garda terdepan dalam program Intervensi stunting ini, diharapkan para Kader meningkatkan pengetahuannya tentang pemberian gizi bagi bayi, balita dan ibu hamil.

Pelaksanaan program, evaluasi tahap I dari 158 anak balita dari Posyandu Mawar dan Mekarsari, dan setelah dilakukan assessment oleh dokter sp anak, ditemukan 14 baduta memerlukan nutrisi tambahan berupa susu formula selama 90 hari. Sebanyak 20 baduta mendapatkan PMT (Pemulihan Makanan Tambahan). Pemberian efektif dilakukan sejak 20 Oktober 2020